Hasil
wawancara seorang guru di SMA N 2 Bangli tentang hal apa saja yang di hadapi
seorang anak berkesulitan belajar bahasa Inggris pada bagian menulis, membaca,
berbicara, dan mendengarkan.
Nama
Guru : I Wayan Sudiana S.Pd,.M.P,d (mengajar kelas 11 dan 12 )
Kesulitan
yang dihadapi seorang anak terutama pada bagian :
Ø Menulis
Ada tiga problem yang
membuat skill writing menjadi sulit untuk dikuasai yaitu permasalahan
lingusitik, kognitif, dan konten.
1) Problem
yang pertama adalah lingusitik. Hal ini berhubungan dengan kelihaian seorang
siswa dalam menuliskan struktur yang benar dan karenanya kalimat-kalimat yang
terbentuk akan dapat menyatu satu sama lain. Hasilnya adalah text yang dibuat
bisa dieksplikasi oleh pembaca dengan baik.
2) Permasalahan
yang kedua adalah problem kognitif yang berhubungan dengan penguasaan seorang
siswa pada bentuk-bentuk bahasa, struktur, grammar yang berguna bagi komunikasi
yang efektif dalam writing.
3) Yang
ketiga adalah problem tentang ide. Hal ini berhubungan dengan apa saja yang
bisa seorang siswa tuangkan dalam tulisan. Seringkali seorang siswa kehilangan
ide ditengah proses menulis.
Ø Membaca
1) Masih
minimnya kosakata yang dimiliki siswa.
2) Siswa
mempunyai kesulitan di dalam memahami arti kata dan hubungan antar kata-kata
tersebut yang terdapat di dalam teks.
3) Para
siswa seringkali menemui kesulitan di dalam mendapatkan informasi, pesan, dan
tujuan yang disampaikan oleh penulis.
4) Para
siswa mempunyai motivasi yang rendah di dalam membaca teks Bahasa Inggris.
Kegiatan ini mereka lakukan hanya di kelas ketika mereka di minta oleh guru.
Ø Berbicara
Kesulitan seorang anak yang di hadapi
pada saat berbicara adalah kurangnya kosa kata seorang siswa, kurang
berkomunikasi berbahasa inggris dengan teman sekolah, dan kurangnya percaya
diri dalam hal untuk berbicara.
Ø Mendengarkan
1) Kurangnya
penguasaan kosa kata.
2) Sarana
di sekolah yang terbatas.
3) Seorang
siswa banyak yang tidak mengerti dengan kosakata yang dia dengarkan.
4) Kurangnya
motivasi belajar dari orang tua siswa.
Pemecahan
masalah sorang siswa dalam kesulitan belajar bahasa inggris terutama pada
bagian menulis, membaca, berbicara, dan mendengarkan.
Ø Menulis
1) Memberikan
motivasi kepada siswa agar siswa tersebut mampu mengembangkan ide yang banyak.
2) Memberikan
game dengan bertujuan memperbanyak kosakata seorang siswa.
3) Mengajak
siswa untuk menulis kaliamt efektif dan berstruktur grammar yang bagus.
4) Memberikan
tugas untuk menulis kegiatan yang terjadi di sekolah dengan bhasa inggris.
Ø Membaca
Mengajak siswa untuk
membaca cerita yang mudah di mengerti dengan tujuan untuk mempermudah seorang
siswa memahami arti kata dan hubungan arti kata tersebut. Dengan membaca cerita
yang mudah di mengerti seorang anak akan banyak tau kosakata yang di baca,
serta dengan memberi motivasi seorang siswa akan semangat.
Ø Berbicara
1) Kegiatan
berbicara akan menguatkan pemerolehan kosa kata baru, tata bahasa, dan bahasa
secara fungsional.
2) Memberikan
kesempatan siswa untuk menggunakan bahasa yang di pelajarinya.
3) Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk mencoba bahasa yang telah mereka ketahui dalam
situasi dan topik yang berbeda.
Ø Mendengarkan
1) Menyarankan
sorang siswa untuk selalu mendengarkan filem atau mendengarkan lagu yang
berbahsa inggeis dengan mudah.
2) Menyarankan
seorang siswa untuk mencatat beberapa poin penting kala mengerjakan soal
listening.
3) Menyarankan
seorang siswa untuk selalu memperbanyak membaca agar seorang siswa banyak mengetahui
kosakata.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar