Rabu, 29 Juni 2016

Kesulitan belajar bahasa inggris

Hasil wawancara seorang guru di SMA N 2 Bangli tentang hal apa saja yang di hadapi seorang anak berkesulitan belajar bahasa Inggris pada bagian menulis, membaca, berbicara, dan mendengarkan.
Nama Guru : I Wayan Sudiana S.Pd,.M.P,d (mengajar kelas 11 dan 12 )
Kesulitan yang dihadapi seorang anak terutama pada bagian :
Ø  Menulis
Ada tiga problem yang membuat skill writing menjadi sulit untuk dikuasai yaitu permasalahan lingusitik, kognitif, dan konten.
1)      Problem yang pertama adalah lingusitik. Hal ini berhubungan dengan kelihaian seorang siswa dalam menuliskan struktur yang benar dan karenanya kalimat-kalimat yang terbentuk akan dapat menyatu satu sama lain. Hasilnya adalah text yang dibuat bisa dieksplikasi oleh pembaca dengan baik.   
2)      Permasalahan yang kedua adalah problem kognitif yang berhubungan dengan penguasaan seorang siswa pada bentuk-bentuk bahasa, struktur, grammar yang berguna bagi komunikasi yang efektif dalam writing.
3)      Yang ketiga adalah problem tentang ide. Hal ini berhubungan dengan apa saja yang bisa seorang siswa tuangkan dalam tulisan. Seringkali seorang siswa kehilangan ide ditengah proses menulis.  

Ø  Membaca
1)      Masih minimnya kosakata yang dimiliki siswa.
2)      Siswa mempunyai kesulitan di dalam memahami arti kata dan hubungan antar kata-kata tersebut yang terdapat di dalam teks.
3)      Para siswa seringkali menemui kesulitan di dalam mendapatkan informasi, pesan, dan tujuan yang disampaikan oleh penulis.
4)      Para siswa mempunyai motivasi yang rendah di dalam membaca teks Bahasa Inggris. Kegiatan ini mereka lakukan hanya di kelas ketika mereka di minta oleh guru.

Ø  Berbicara
Kesulitan seorang anak yang di hadapi pada saat berbicara adalah kurangnya kosa kata seorang siswa, kurang berkomunikasi berbahasa inggris dengan teman sekolah, dan kurangnya percaya diri dalam hal untuk berbicara.

Ø  Mendengarkan
1)      Kurangnya penguasaan kosa kata.
2)      Sarana di sekolah yang terbatas.
3)      Seorang siswa banyak yang tidak mengerti dengan kosakata yang dia dengarkan.
4)      Kurangnya motivasi belajar dari orang tua siswa.


Pemecahan masalah sorang siswa dalam kesulitan belajar bahasa inggris terutama pada bagian menulis, membaca, berbicara, dan mendengarkan.
Ø  Menulis
1)      Memberikan motivasi kepada siswa agar siswa tersebut mampu mengembangkan ide yang banyak.
2)      Memberikan game dengan bertujuan memperbanyak kosakata seorang siswa.
3)      Mengajak siswa untuk menulis kaliamt efektif dan berstruktur grammar yang bagus.
4)      Memberikan tugas untuk menulis kegiatan yang terjadi di sekolah dengan bhasa inggris.

Ø  Membaca
Mengajak siswa untuk membaca cerita yang mudah di mengerti dengan tujuan untuk mempermudah seorang siswa memahami arti kata dan hubungan arti kata tersebut. Dengan membaca cerita yang mudah di mengerti seorang anak akan banyak tau kosakata yang di baca, serta dengan memberi motivasi seorang siswa akan semangat.

Ø  Berbicara
1)      Kegiatan berbicara akan menguatkan pemerolehan kosa kata baru, tata bahasa, dan bahasa secara fungsional.
2)      Memberikan kesempatan siswa untuk menggunakan bahasa yang di pelajarinya.
3)      Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencoba bahasa yang telah mereka ketahui dalam situasi dan topik yang berbeda.

Ø  Mendengarkan
1)      Menyarankan sorang siswa untuk selalu mendengarkan filem atau mendengarkan lagu yang berbahsa inggeis dengan mudah.
2)      Menyarankan seorang siswa untuk mencatat beberapa poin penting kala mengerjakan soal listening.
3)      Menyarankan seorang siswa untuk selalu memperbanyak membaca agar seorang siswa banyak mengetahui kosakata.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar